Tuesday, January 24, 2012

Kepada Yth FGM2012

berawal dari "protes" gue terhadap statement FGM di twitter, akhirnya event FGM sekarang terbuka bagi semua fixed gear. ini hebat :D

dari revisi peraturan itu, timbul suatu masalah. pengguna fixed gear yang pakai rem, cenderung lebih cepat dari yang brake less. karena dia lebih yakin untuk berhenti disaat darurat dibandingkan dengan yang tanpa rem. jadi mereka pasti lebih yakin untuk akselerasi secepat mungkin tanpa melakukan "Peripheral Vision"

bagi pengguna FG tanpa rem, ini adalah loss. untuk mengatasi masalah ini, maka akan diterapkan SISTEM PENALTI WAKTU seperti yang diutarakan oleh @FixieBikeMarket

this is a great idea!

ok, karena kemarin gue yang protes, gue akan bantu panitia FGM2012 dengan ide pemberian penalti

lalu gue berikan ide tentang group start. yang brake less start terlebih dahulu dan 2,5 menit setelah peserta pertama dari group brakeless berangkat, barulah peserta dari group pengguna rem diberangkatkan. ini lebih simple bagi panitia karena tidak perlu melakukan penambahan penalti individual.

tapi timbul masalah berikutnya...

FGM2012 menggunakan sistem ROLLING START. pertama2 perserta dilepas +/- 2Km sebelum garis start untuk pemanasan. dan balapan dihitung setelah peserta melewati garis start.

ini ide gila yang bener2 keren hahaha... damn... pasti seru banget tu :D

what comes first to my mind is this...

pemanasan yang seharusnya adalah benar2 "pemanasan" bisa jadi salah satu stage terpanas di event ini.

menurut gue, tetap terapkan ide GROUP START. yang pakai rem dan yang tanpa rem harus dipisahkan. Group Tanpa Rem (selanjutnya G1) dan Group Dengan Rem (selanjutnya G2)


  1. G1 maju di garis start pemanasan. lalu dilepas oleh panitia.
  2. siapkan 1 Panitia diatas Motor (selanjutnya PM) di belakang group brakeless. fungsinya untuk menahan laju peserta dari G2 kira2 minimal 200m dari G1.
  3. timer group berikutnya dinyalakan. pada saat timer menunjukkan 1 menit, G2 bersiap2 di zona start.
  4. saat timer menunjukkan 2:30, panitia melepas G2 (gue setengah yakin G2 pasti ngebut gila2an hahaha... tapi ini gunanya si PM. dia menjaga jarak antara G1 dan G2. sehingga stage pemanasan benar2 jadi pemanasan) dan G2 TIDAK BOLEH melewati atau sejajar dengan PM sebelum melewati garis start yang sebenarnya.
dengan menerapkan sistem ini, group brakeless akan mendapatkan 2,5 menit ahead dan penalti jarak minimal 200m.

semoga ide ini bisa diterima. kalau ingin diskusi, bisa langsung mention gue di twitter @y1779

kalau perlu diskusi langsung, bisa sms/tlp (tanya di twitter aja) dan jika waktu dan kesempatannya ada, gue dengan senang hati bertemu langsung untuk diskusi :)

cheers


No comments:

Post a Comment